Skip to main content

BELAJAR LEBIH CERDAS BUKAN BELAJAR LEBIH KERAS

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.




RPL BIMBINGAN DAN KONSELING

1.       Materi / Topik Bahasan                      :  “Belajar lebih cerdas bukan belajar lebih keras”
2.       Bidang Bimbingan                              :  Belajar
3.       Fungsi Layanan                                  :
4.       Sasaran Layanan / semester            : Kelas VIII / I
5.       Tempat penyelenggaraan : Kelas
6.       Waktu Penyelenggaraan   : 40’
7.       Pihak-pihak yang dilibatkan              :
8.       Metode                                                  : Diskusi kelompok
9.       Tujuan Layanan                                  : Peserta didik  mampu membedakan antara belajar lebih
keras   dengan belajar lebih cerdas
10.    Uraian kegiatan / Skenario                :
a.       Kegiatan pendahuluan              :
·         Konselor mengucapkan salam dan  menanyakan kabar
·         Konselor  mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum memulai kegiatan
·         Konselor  mengecek kehadiran peserta didik
·         Konselor  menjelaskan tujuan layanan belajar yang akan disampaikan yaitu agar peserta didik dapat membedakan antara belajar yang lebih cerdas dengan belajar lebih keras
·         Konselor  menjelaskan tentang tugas yang  akan dilakukan oleh peserta didik
·         Konselor membentuk kelompok  dan meminta peserta didik untuk berada dalam kelompok
b.       Kegiatan inti
1)       Berfikir   : Konselor  memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui  respon-respon peserta didik terhadap layanan tersebut, yaitu :
“apa yang kalian pikirkan tentang belajar?
“ menurut kalian apakah ada perbedaan antara belajar lebih cerdas dengan belajar lebih keras?”

2)       Merasa : Konselor  mengungkap perasaan peserta didik tentang belajar, yaitu :
“Kapan saat yang menyenangkan, dan kapan saat yang paling tidak menyenangkan dalam belajar?”
“Kesulitan apa yang dialami saat belajar?”

3)       Bersikap :  Konselor meminta peserta didik mengungkapkan bagaimana sikap belajar yang baik dan benar.
“ Mengapa kalian mengalami kesulitan dalam belajar?”
“Bagaimana sikap belajar yang baik menurutmu?”

4)       Berbuat : Konselor menanyakan apa yang akan dilakukan peserta didik agar dapat  belajar lebih cerdas
“apa yang  dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut?”
“Langkah-langkah apa yang  akan dilakukan untuk belajar yang lebih cerdas?”

5)       Bertanggungjawab :  konselor  menanyakan komitmen peserta didik terhadap apa yang akan dilakukannya
“ Kapan langkah-langkah tersebut akan dilakukan?”

C. Kegiatan penutup :
- Konselor  mengingatkan  dan memberikan penguatan pada peserta didik bahwa mereka dapat melakukan belajar yang lebih cerdas.
- Konselor mengakhiri kegiatan dengan doa kemudian mengingatkan pertemuan berikutnya dengan pembahasan materi lain yang lebih menyenangkan.

11.    Sumber/bahan dan alat :  kertas dan alat tulis
12.    Rencana Penilaian             :
Laiseg  :  penilaian segera bagi peserta didik yang terlihat belum memahami
Laipen : mengevaluasi sejauh mana peserta didik telah melaksanakan komitmen yang telah dibuat



Mengetahui,                                                                                                         Kasembon,      Juli  2015
Kepala ....................                                                                                              Konselor,



.................................                                                                                               ___________________
NIP. -                                                                                                                      NIP        








































                                                           RPL BIMBINGAN DAN KONSELING
1.       Materi / Topik Bahasan                              :  “MENGHAFAL CEPAT”
2.       Bidang Bimbingan                                      :  Belajar
3.       Fungsi Layanan                                          : Pengembangan
4.       Sasaran Layanan / semester                    : Kelas VIII / I
5.       Tempat penyelenggaraan                         : Kelas
6.       Waktu Penyelenggaraan                           : 40’
7.       Pihak-pihak yang dilibatkan      :
8.       Metode                                                          : Dinamika kelompok
9.       Tujuan Layanan                                          : Peserta didik dapat  menerapkan metode
 menghafal  cepat

10.    Uraian kegiatan / Skenario        :
c.        Kegiatan pendahuluan              :
·         Konselor mengucapkan salam dan  menanyakan kabar
·         Konselor  mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum memulai kegiatan
·         Konselor  mengecek kehadiran peserta didik
·         Konselor  menjelaskan tujuan layanan belajar yang akan disampaikan yaitu agar peserta didik dapat menerapkan metode menghafal cepat
·         Konselor  menjelaskan tentang tugas yang  akan dilakukan oleh peserta didik
d.       Kegiatan inti
6)       Berfikir   : Konselor  memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui  respon-respon peserta didik terhadap layanan tersebut, yaitu :
“apa yang kalian ketahui tentang metode menghafal cepat?

7)       Merasa : Konselor  mengungkap perasaan peserta didik tentang  menghafal, yaitu :
“Apa yang dirasakan saat menghafal?”

8)       Bersikap :  Konselor meminta peserta didik mengungkapkan bagaimana cara mereka menghafal
“ Mengapa kalian mengalami kesulitan dalam menghafal?”
“Metoda apa/ bagaimana yang dilakukan saat menghafal ?”

9)       Berbuat : Konselor menanyakan apa yang akan dilakukan peserta didik agar dapat  belajar lebih cerdas
“apa yang akan dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut?”
“Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk dapat menghafal  dengan cepat?”

10)   Bertanggungjawab :  konselor  menanyakan komitmen peserta didik terhadap apa yang akan dilakukannya
“ Kapan metoda tersebut akan diterapkan ?”



C. Kegiatan penutup :
- Konselor  mengingatkan  dan memberikan penguatan pada peserta didik bahwa mereka dapat melakukan metode yang lebih cepat.
- Konselor mengakhiri kegiatan dengan doa kemudian mengingatkan pertemuan berikutnya dengan pembahasan materi lain yang lebih menyenangkan.

11.    Sumber/bahan dan alat :  peralatan yang ada di ruangan
12.    Rencana Penilaian     :
Laiseg  :  penilaian segera bagi peserta didik yang terlihat belum memahami
Laipen : mengevaluasi hasil dari metoda yang telah diterapkan



Mengetahui,                                                                                                         Kasembon,      Juli  2015
Kepala ....................                                                                                              Konselor,



........................................                                                                                        ___________________
NIP. -                                                                                                                      NIP        


Sumber https://pendidikanalmun.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Comments

Popular posts from this blog

Downloa VHD Simulasi UNBK 2019

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020 . Download VHD UNBK 2019 Simulasi Jadwal UNBK 2019 Simulasi Revisi sudah dikeluarkan oleh puspendik melalui website UBK masing-masing akun sekolah. Kamu yang menjadi teknisi dan operator UNBK 2019 tentu sudah siap-siap melaksanakan Simulasi UNBK 2019.Simulasi UNBK dilaksanakan untuk melatih kesiapan bagi proktor, teknisi, pengawas dan siswa yang akan mengikuti UNBK 2019. Dengan diselenggarakan simulasi  diharapkan proktor, teknisi, pengawas dan siswa akan dapat mempelajari hal-hal yang diperlukan. Biasanya setiap kabupaten akan membagikan file VHD UNBK 2019 fresh yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan Simulasi. VHD UNBK 2019 merupakan salah satu dari file yang sangat penting dalam pelaksanaan Simulasi UNBK. Pada kesempatan ini admin akan berbagi file VHD UNBK 2019 yang admin dapatkan dari link yang disebarkan pada salah satu group proktor dan teknisi UNBK 2019. VHD UNBK 2019 Simulasi ...

EBOOK PERSIAPAN UJIAN MASUK PTN

                          Download                  Download                    Download                    Download                         Download                                                                                       Download

UTBK - EBOOK SBMPTN 2020

EBOOK DOWNLOAD 🔰 EBOOK BIGBOOK🔰 ▪ 99,9 %LULUS Tes Potensi Akademik - Ir. Polmas Sihombing, MM DOWNLOAD ▪ 99,9% Lolos SIMAK UI Program IPA - Tim Cahaya Eduka DOWNLOAD ▪ 99,9% Lolos UM UGM & UNDIP (Ujian Mandiri) - Tim Guru Kreatif DOWNLOAD ▪ 99,9% Lolos USM PKN STAN 2017 - Tim SmartPro Education DOWNLOAD ▪ 99,9% Lolos USM PKN STAN 2018 - Tim SmartPro Education DOWNLOAD ▪ ALL-NEW Tes CPNS 2018-2019 DOWNLOAD ▪ BAHAS TOTAL SOAL SUPERLENGKAP MATEMATIKA SMA - Supadi, S.Si, M,Si DOWNLOAD ▪ Bank Soal Strategi TPA SBMPTN - Tim Master Eduka, Alvina Kusuma DOWNLOAD ▪ Bank Soal Matematika - Heri Istiyanto, S.Si DOWNLOAD ▪ Bank Soal USM STIS 2007 - 2016 DOWNLOAD ▪ Bedah Tuntas Soal Sukses Penmaba UNJ 2016 DOWNLOAD ▪ Best Of The Best TOEFL DOWNLOAD ▪ Big Bank Soal - Bahas Biologi SMA - Drs. Bambang Hermanto DOWNLOAD