Skip to main content

Analisis SKL, KI, KD Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VII SMP K13 Revisi 2017

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

 Standar  Kompetensi  Lulusan  adalah  kriteria mengenai  kualifikasi  kemampuan lulusan   Analisis SKL, KI, KD Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VII SMP K13 Revisi 2017
Analisis SKL, KI, KD Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VII SMP K13 2013 Revisi 2017
Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KDterdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi. Contoh,
KD 3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
KD 4.1 Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
Download juga Analisis SKL, KI, KD IPS Kelas IX SMP K13 Revisi 2017
  • Standar Kompetensi Lulusan merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
  • Kompetensi Inti merupakan pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan karakter melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.

Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan penilaian diilustrasikan sebagai berikut.
a. Standar Kompetensi Lulusan merupakan pijakan sekaligus target yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran.
b. Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
c. Kompetensi dasar dari KI-3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman belajar yang perlu dilakukan peserta didik. Dari sinilah pendidik dapat mengembangkan proses belajar dan cara penilaian yang diperlukan melalui pembelajaran langsung.
d. Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperoleh pembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
e. Rangkaian dari KI-KD sampai dengan penilaian tertuang dalam silabus dan RPP.

Pengembangan indikator dan materi pembelajaran merupakan merupakan dua kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum mengembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Melalui pemahaman keterkaitan kompetensi (SKL-KI-KD), maka pendidik yang mengampu mata pelajaran Penjasorkes dapat merumuskan indikator pencapaian kompetensi pengetahuan terkait dengan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif serta indikator keterampilan berkaitan tidak hanya keterampilan bertindak tetapi juga keterampilan berpikir yang juga dikatakan sebagai keterampilan abstrak dan konkret. Selain itu dalam proses pembelajaran diharapkan juga untuk mengintegrasikan literasi dan meningkatkan nilai-nilai karakter, serta mengembangkan keterampilan Abad 21.
Download juga Analisis SKL, KI, KD Matematika Kelas VII K13 Revisi 2017
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional. Karakteristik Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, antara lain sebagai berikut.
a. Menitik beratkan pada peningkatan gerak manusia. Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan memperlakukan anak sebagai sebuah kesatuan utuh, makhluk total, daripada hanya menganggapnya sebagai seseorang yang terpisah kualitas fisik dan mentalnya.
b. Berkaitan dengan hubungan antara gerak manusia dan wilayah pendidikan lainnya:
hubungan dari perkembangan tubuh-fisik dengan pikiran dan jiwanya. 

Melalui pendidikan jasmani, diharapkan anak didik memperoleh berbagai pengalaman belajar yang kreatif, inovatif, terampil, memiliki kebugaran jasmani dan kebiasaan hidup sehat serta memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap gerak manusia. Di samping itu, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan membantu peserta didik mengembangkan pemahaman tentang apa yang mereka perlukan untuk membuat komitmen seumur hidup tentang arti penting hidup sehat, aktif dan mengembangkan kapasitas untuk menjalani kehidupan yang memuaskan dan produktif. Sehingga berdampak pada meningkatkan produktivitas dan kesiapan untuk belajar, meningkatkan semangat, mengurangi ketidakhadiran, mengurangi biaya perawatan kesehatan, penurunan kelakuan anti-sosial seperti bullying dan kekerasan, mempromosikan hubungan yang aman dan sehat, dan meningkatkan kepuasan pribadi.

Untuk melakukan analisis kompetensi dan mengembangkan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) disarankan agar Anda memperhatikan karakteristik mata pelajaran Penjasorkes tersebut di atas, serta mempelajari karakteristik peserta didik dengan mengembangkan nilai utama karakter yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas, serta mengembangkan keterampilan Abad 21 terkait dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (CollborationSkills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills) sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar.

Untuk selanjutnya, guru juga dituntut untuk mengembangkan keterampilan sesuai tuntutan Abad 21, yaitu antara lain keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativitis Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills). Guru menetukan keterampilan mana yang akan dikembangkan disesuaikan dengan karakteristik KD atau materi pembelajaran.
Download juga Analisis SKL, KI, KD IPA Kelas IX K13 Revisi 2017
Untuk lebih jelasnya mengenai  Analisis SKL, KI, KD Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VII SMP K13 2013 Revisi 2017 silahkan unduh filenya di bawah ini.

Sumber http://silabusk13.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Comments

Popular posts from this blog

Downloa VHD Simulasi UNBK 2019

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020 . Download VHD UNBK 2019 Simulasi Jadwal UNBK 2019 Simulasi Revisi sudah dikeluarkan oleh puspendik melalui website UBK masing-masing akun sekolah. Kamu yang menjadi teknisi dan operator UNBK 2019 tentu sudah siap-siap melaksanakan Simulasi UNBK 2019.Simulasi UNBK dilaksanakan untuk melatih kesiapan bagi proktor, teknisi, pengawas dan siswa yang akan mengikuti UNBK 2019. Dengan diselenggarakan simulasi  diharapkan proktor, teknisi, pengawas dan siswa akan dapat mempelajari hal-hal yang diperlukan. Biasanya setiap kabupaten akan membagikan file VHD UNBK 2019 fresh yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan Simulasi. VHD UNBK 2019 merupakan salah satu dari file yang sangat penting dalam pelaksanaan Simulasi UNBK. Pada kesempatan ini admin akan berbagi file VHD UNBK 2019 yang admin dapatkan dari link yang disebarkan pada salah satu group proktor dan teknisi UNBK 2019. VHD UNBK 2019 Simulasi ...

EBOOK PERSIAPAN UJIAN MASUK PTN

                          Download                  Download                    Download                    Download                         Download                                                                                       Download

UTBK - EBOOK SBMPTN 2020

EBOOK DOWNLOAD 🔰 EBOOK BIGBOOK🔰 ▪ 99,9 %LULUS Tes Potensi Akademik - Ir. Polmas Sihombing, MM DOWNLOAD ▪ 99,9% Lolos SIMAK UI Program IPA - Tim Cahaya Eduka DOWNLOAD ▪ 99,9% Lolos UM UGM & UNDIP (Ujian Mandiri) - Tim Guru Kreatif DOWNLOAD ▪ 99,9% Lolos USM PKN STAN 2017 - Tim SmartPro Education DOWNLOAD ▪ 99,9% Lolos USM PKN STAN 2018 - Tim SmartPro Education DOWNLOAD ▪ ALL-NEW Tes CPNS 2018-2019 DOWNLOAD ▪ BAHAS TOTAL SOAL SUPERLENGKAP MATEMATIKA SMA - Supadi, S.Si, M,Si DOWNLOAD ▪ Bank Soal Strategi TPA SBMPTN - Tim Master Eduka, Alvina Kusuma DOWNLOAD ▪ Bank Soal Matematika - Heri Istiyanto, S.Si DOWNLOAD ▪ Bank Soal USM STIS 2007 - 2016 DOWNLOAD ▪ Bedah Tuntas Soal Sukses Penmaba UNJ 2016 DOWNLOAD ▪ Best Of The Best TOEFL DOWNLOAD ▪ Big Bank Soal - Bahas Biologi SMA - Drs. Bambang Hermanto DOWNLOAD